MENELUSURI INDAHNYA SI MANIS, AIR TERJUN JERUK MANIS





Ada banyak wisata air terjun di Pulau Lombok, salah satunya berada di selatan Gunung Rinjani, tepatnya berada di Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur Lombok Timur. Air terjun ini dinamakan Jeruk manis, entah seperti apa ceritanya sehingga masyarakat sekitar memberikan nama seperti nama buah. Air terjun ini berada pada ketinggian 600-1000 Mdpl dengan temperatur sekitar 150-250C.




Air terjun Jeruk Manis dikelilingi oleh hutan tropis yang sejuk, dengan pemandangan yang luar biasa indah dan berbagai macam flora dan fauna, salah satunya fauna yang ada adalah monyet hitam penghuni hutan di dekat Air Terjun Jeruk Manis.



Untuk mencapai air terjun ini memang tidaklah mudah, kita akan berjalan sejauh sekitar 2 Km dari gerbang Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sekaligus sebagai tempat registrasi masuk ke kawasan. Perjalanan memang lumayan jauh, tetapi kita akan dimanjakan dengan sejuknya hutan dan berbagai pohon besar yang menemani kita sepanjang perjalanan. Ada banyak jenis pohon seperti Pohon Beringin, Garu, Bayur dan banyak jenis pohon lainnya.



Sepanjang perjalanan juga disediakan saung atau dalam bahasa sasak berugak tempat istirahat yang akan ditemui dalam perjalanan, ada sebanyak tiga berugak yang ada untuk melepas lelah. Jika sudah masuk ke kawasan hutan menuju air terjun, sudah tidak ada yang jualan makanan, maka kita harus membawa bekal untuk menikmati Air Terjun Jeruk Manis.



Setelah sekitar satu jam perjalanan, kita akan disuguhkan pemandangan Air Terjun Jeruk Manis yang sangat indah. Air terjun Jeruk Manis memiliki ketinggian 30 meter dan berasal langsung dari mata air kaki Gunung Rinjani dengan hawa air dingin yang menyegarkan. kita bisa merasakan sensasi dipijat oleh air terjunnya, dan menurut warga sekitar, jika mandi di Air Terjun Jeruk Manis bisa menghilangkan berbagai macam penyakit.



Selamat Berwisata, tetap jaga kebersihan ya !

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.