SEBELUM MASUK DESA SADE, KETAHUI HAL BERIKUT


Kampung Wisata Desa Sade

Sade merupkan sebuah kampung yang berada di Desa Rambitan Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Satu jalur dengan kawasan wisata Pantai Kuta, sekitar 6 Km sebelum masuk ke Kawasan Kuta Lombok yang sekarang dikelola ITDC. Dan juga dekat dengan kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak.

Dari Bandara Internasional Lombok ke kawasan Kampung Sade Lombok Tengah perjalanan ditempuh sekitar 15 menit. Jika perjalanan dari Kota Mataram, waktu tempuh sekitar 40 menit menggunakan jalur Bay Pass.

Kampung Sade terkenal karena masih mempertahankan adat Suku Sasak. Dari cara berpakaian yang digunakan, maupun arsitektur rumah yang ditempati. Wanita menggunakan pakaian yang dalam istilah Suku Sasak disebut lambung, dan untuk yang laki-laki menggunakan bebet  yaitu kain yang diikat dipinggang.

Memasuki kampung Sade, tersedia area parkir yang luas dan aman dan dijaga tukang parkir yang biasanya menggunakan pakaian adat sasak. Tidak ada pungutan biaya apapun kecuali parkir. Jangan lupa siapkan biaya untuk membeli oleh-oleh khas Lombok karena warga sade village menjual berbagai jenis pakaian serta aksesoris.


selamat datang kampung sade


Bentuk rumah di Kampung Sade memang unik, beratapkan jerami yang diambil dari bukit dan tanah sekitar kampung. Dinding rumahnya terbuat dari pagar bambu yang dianyam langsung oleh warga. Yang paling menarik yaitu lantai yang terbuat dari tanah liat kemudian dilumuri kotoran kerbau sebagai pengganti semen.

Di dalam Kampung Sade juga terdapat tempat untuk menerima tamu, dalam istilah sasak disebut sekenem. Memiliki jumlah tiang enam buah, atapnya juga dari jerami dan tinggi tempat duduk dari tanah sekitar 70 cm, serta alasnya terbuat dari  bambu.


Berugak Kampung sade


Fasilitas di kampung sade layaknya kampung lainnya, ada masjid sebagai tempat shalat. Akan tetapi masjid ini berbeda dari masjid lainnya, bentuknya yang unik dengan arsitektur khas Suku Sasak. Memiliki tempat shalat yang bersih dan nyaman membuat ibadah anda khusuk.


Masjid Desa sade


Jika mencari oleh-oleh, Dusun Sade merupakan tempatnya, terdapat banyak kain tenun yang ditenun langsung. Anda bisa melihat langsung proses menenun kainnya. Harga kain tenun sasak biasanya berkisar antara 300 ribu lebih, tetapi jika melihat proses pembuatan yang rumit dan membutuhkan waktu sampai mingguan atau bahkan bisa satu bulan maka itu harga yang pantas untuk sebuah kain tenun sasak.


Kain Tenun Desa Sade


Ada banyak aksesoris seperti gelang, kalung, cincin hingga gantungan kunci yang juga dijual. Harganya cukup murah, dengan berbagai macam bentuk khas Sasak bisa menjadi pilihan oleh-oleh.


gadis tenun kain desa sade


Untuk spot swafoto atau selfie, terdapat sebuah pohon yang oleh warga disebut pohon cinta Desa Sade. Sebuah pohon biasanya memiliki banyak daun, tetapi tidak bagi pohon cinta Desa Sade ini, hanya sebatang pohon yang bercabang tanpa daun. Menurut cerita, pohon ini tempat muda mudi Desa Sade bertemu.


Pohon cinta desa sade


Pernikahan di Desa Sade biasanya menikah dengan sepupu sendiri atau sesama warga satu kampung. Tidak ada proses lamaran yang dilakukan, laki-laki akan membawa lari wanita yang disukai pada malam hari. Kemudian keluarga laki-laki memberitahukan pihak keluarga wanita. Baru setelah proses penikahan selesai, barulah keluarga wanita boleh menemui mempelai wanitanya.

Jangan lupa saat mengunjungi Dusun Sade untuk Tetep jaga kebersihan ya !

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.