PESONA KEINDAHAN AIR TERJUN BATU JANGGOT YANG HARUS ANDA TAHU

air terjun batu janggot



Salah satu dari banyak air terjun yang bikin tidak mau pulang dari Pulau Lombok adalah Batu Janggot. Terletak di Kecamatan Batukeliang Utara satu jalur menuju Air Terjun Benang Kelambu. Membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari kota Mataram, atau jika ingin lebih cepat gunakanlah jalur Praya dari Bandara Internasional Lombok kemudian ke Kecamatan Batukeliang Utara sebagai lokasi Air Terjun.

peta air terjun batu janggot


Menuju lokasi, ada jalan belum diaspal sejauh 2 Km. Tetapi jalan dari Kota Mataram ke Kecamatan Batukeliang Utara sudah sangat bagus untuk dilalui menggunakan sepeda motor atau mobil.

Lokasi air terjun Batu Janggot berjarak sekitar 4 Km sebelum air terjun Benang Kelambu yang lebih dulu dikenal oleh wisatawan. Berdampingan diselatan kaki Gunung Rinjani dengan beberapa air terjun lainnya. Sumber air terjun ini sangat bergantung dari hutan dikawasan kaki Gunung Rinjani, sehingga menjaga pohon dikawasan kaki Rinjani berarti menjaga sumber air masyarakat di Pulau Lombok.

Masuk ke kawasan wisata air terjun Batu Janggot hanya perlu membayar biaya parkir Rp 5.000. jangan khawatir saat perut kelaparan, ada banyak warung tersedia menjual berbagai jenis makanan dengan harga yang murah.

Air terjun Batu Janggot ini cukup unik, terbentuk dari aliran sungai membentuk air terjun yang mengalir ditebing setinggi sekitar 12 meter. Lebar aliran sungai sekitar 4 meter yang diapit tebing bebatuan semakin mempercantik bentuk air terjun Batu Janggot.

Keindahan air terjun batu janggot


Disediakan tangga kayu yang cukup kokoh dan kuat untuk menuju lokasi air terjun. Karena untuk menuju lokasi air terjun ini harus menuruni sungai cukup dalam. Tangga kayu ini biasanya digunakan sebagai spot foto. air terjun sangat cocok digunakan  sebagai latar pengambilan foto, pemandangannya sangat instramable sebagai koleksi untuk diunggah ke media sosial supaya semakin eksis.

tamgga air terjun batu janggot


Airnya sangat jernih dan segar, menikmati kesejukan air terjunnya dapat dilakukan dengan mandi pada kolam yang terbentuk pada aliran sungai dekat air terjun Batu Janggot. Kolam alami yang terbentu memiliki kedalaman sekitar  satu meter. Batu dialiran sungai cukup licin, anda harus hati-hati menapaki batu yang ada di sekitar air terjun Batu Janggot.

Kolam air terjun batu janggot


Mandi di air terjun batu janggot


Selalu jaga kebersihan ya, jangan lupa membuang sampah pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.