EMPAT WISATA MENAWAN SELATAN RINJANI YANG KURANG POPULER

air terjun selatan kaki gunung rinjani yang belum banyak orang tahu


Rinjani merupakan Gunung Berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Kerinci di Sumatra, dengan ketinggian Gunung Rinjani 3726 Mdpl. Bukan hanya tinggi, keindahan Gunung Rinjani sudah diakui oleh banyak pendaki dari seluruh dunia. Yang membuatnya menjadi Gunung favorit para pendaki adalah adanya danau yang dinamakan Segare Anak dan adanya Gunung Baru Jari di tengah danau.

Wilayah Rinjani meliputi seluruh Kabupaten di Pulau Lombok, dengan hutan hujan tropisnya terdapat banyak mata air. Mata air di kaki Gunung  Rinjani dimanfaatkan oleh masyarakat Pulau Lombok untuk bertani atau berkebun. Pertanian di sekitar kaki Gunung Rinjani mendapatkan hasil pertanian dan perkebunan yang melimpah. Menjadi sumber penghasil buah-buahan dan rempah-rempah, kemudian didistribusikan sampai ke luar daerah.

Di selatan kaki Gunung Rinjani juga terdapat banyak air terjun dan sumber mata air yang menjadi favorit wisatawan mengisi liburan. Ada air terjun Benang Kelambu di Kabupaten Lombok Tengah,  air terjun Jeruk Manis di Kabupaten Lombok Timur, air terjun Timponan di Narmada Lombok Barat serta banyak lagi daerah wisata di Selatan Kaki Gunung Rinjani.

Namun dari banyak air terjun yang sudah dikenal masyarakat dan wisatawan, ada banyak air terjun dan pemandian di selatan kaki Gunung Rinjani yang belum banyak orang tahu, bahkan mungkin saja anda juga tidak tahu. Berikut ini merupakan tempat wisata di Selatan Kaki Rinjani yang kurang populer tetapi memiliki pemandangan yang menawan.

Air Terjun Titian Batu Kawangan


Air Terjun Titian Batu Kawangan

Air terjun ini tidak kalah mempesona dari yang lainnya, berada di Desa Lantan Kecamatan Batukeliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Baru-baru ini memang mulai populer tetapi masih banyak yang belum mengetahui keberadaannya. Akses jalan untuk sampai ke lokasi belum diaspal, tetapi lelahnya perjalanan anda akan terbayar dengan keindahannya.

Suasana di kawasan Air Terjun Batu Kawangan sangat sejuk membuat tubuh merasa nyaman dan betah berada di sana. Walaupun ketinggiannya sedang dan airnya tidak terlalu deras namun keindahannya akan membuat anda ingin kembali lagi berkunjung.

Air Terjun Segenter Pengkoaq

Air Terjun Segenter Pengkoaq


Untuk mencapai air terjun yang berada di Dusun Kumbi Kecamatan Narmada Lombok Barat ini memang tidak mudah, butuh perjuangan ekstra karena jalan yang masih belum diaspas, anda harus berhati-hati saat mengemudi menuju lokasi karena jalannya yang berkelok. Setelah memarkir kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan menuruni tangga sejauh 50 meter. Sebagian warga dan beberapa pemandu wisata menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Kumbi.

Air terjunnya tidak terlalu tinggi, tetapi kesejukan airnya sangat menyegarkan. gemuruh suaranya membuat tidak sabar mandi di air terjun Segenter.

Disekitar lokasi tidak terlihat penjual makanan dan minuman, ini menandakan air terjun ini masih jarang dikunjungi. Dan jangan lupa anda harus membawa bekal yang cukup supaya tidak kelaparan saat sampai di Air Terjun.

Air Terjun Tereng Wilis


Air Terjun Tereng Wilis


air terjun Tereng Wilis berada di Desa Prian Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Untuk mencapa lokasi, waktu tempuh perjalanan sekitar 20 menit.

Air terjun ini belum memiliki tiket masuk, sehingga fasilitas seperti tempat ganti, WC dan penjual makanan belum ada.

Tinggi air terjun sekitar 2,5 meter dengan lebar sepanjang 5 meter. Keunikan air terjun ini dari bentuknya yang tidak tinggi tetapi memiliki lebar yang cukup panjang. Suasananya sejuk, dan airnya segar dan masih alami bahkan anda bisa minum airnya langsung.

Taman Wisata Aik Seleong

Taman Wisata Aik Seleong


Tempat wisata yang satu ini cukup unik, karena biasa disebut sebagai waterpark alami. Lokasinya di Desa Timbanuh Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Lokasinya sejalur ke arah menuju gerbang pendakian ke Rinjani Jalur Selatan Timba Nuh.

Hal yang tidak ditemukan di tempat wisata lain di Lombok adalah tempat perosotan yang asyik dialiran sungai Aik Seleong, namun harus tetap hati-hati untuk menjaga keselamatan. Selain perosotan alami, kesejukan airnya dan keindahan alam sekitar juga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.